Mangga Gladhen Bisnis

SentraClix DbClix

Pages

Sabtu, 29 Mei 2010

Jenis Batik Surakarta

Ragam Batik Daerah Eks Karesidenan Surakarta, ada 2 yaitu:

1. Batik Solo

Batik ini diproduksi oleh masyarakat Solo. Dalam produksinya dilakukan secara cetak dan tulis. Usaha produksi batik solo,selain diproduksi rumahan juga diproduksi oleh rumah produksi yang lebih besar. Motif batiknya yang beragam dan menarik tak kalah saing dengan produksi batik di daerah lain.

Laweyen adalah salah satu sentral Batik di Solo. Kampung ini Tentunya ada banyak sekali sejarah yang tertinggal di kapung ini dan menjadi icon Batik.

Batik merupakan hasil karya seni tradisional yang banyak ditekuni masyarakat Laweyan. Sejak abad ke-19 kampung ini sudah dikenal sebagai kampung batik. Itulah sebabnya kampung Laweyan pernah dikenal sebagai kampung juragan batik yang mencapai kejayaannya di era tahun 70-an.

2. Batik Pengging

Batik ini merupakan produksi rumah tangga daerah Pengging Kec. Banyudono Kab. Boyolali. Kekhasan dari batik ini terletak pada gradasi warna dan motifnya yang berbunga-bunga.

1 komentar:

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Terimakasih untuk sharing informasinya.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

Poskan Komentar