Mangga Gladhen Bisnis

SentraClix DbClix

Pages

Rabu, 09 Februari 2011

Sedekah Bumi Kahyangan

Sedekah Bumi Kahyangan, kahyangan adalah tempat petilasan pertapaan Raja-raja tanah Jawa. Ditempat inilah Danang Suta Wijaya mendapatkan wahyu Raja, dan kemudian setelah menjadi raja bergelar Panembahan Senopati. Ditempat ini pulalah Danang Suta Wijaya mengadakan perjanjian dengan Kanjeng Ratu Kidul untuk bersama-sama membangun Pemerintahan di Jawa (Mataram).

Obyek wisata ini tepatnya terletak di desa Dlepih kecamatan Titromoyo, berjarak 50km arah tenggara dari kota Wonogiri. Sampai sekarang tempat ini dikeramatkan oleh Kasultanan Yogyakarta. Terbukti setiap 8 tahun (sewindu) sekali diadakan upacara Labuhan Ageng.

Begitu pula pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon setiap bulan Sura, pemerintah kabupaten Wonogiri mengadakan upacara Sedekah Bumi, dilanjutkan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Upacara tersebut merupakan wujud terimakasih dan doa rakyat Wonogiri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberi keselamatan dan ketentraman. Di Kahyangan setiap bulan Sura, menampilakan atraksi Sedekah Bumi yang dipimpin langsung oleh Bupati Wonogiri.

Prosesi Sedekah Bumi dimulai pukul 00.00 diawali dari pintu gerbang terus menuju Selo Matangkep lalu ketempat persemedian Raden Suta Wijaya. Sepanjang jalan dari pintu gerbang sampai ketempat pasiraman Raden Suta Wijaya dipasang obor 1000 sehingga menambah sakralnya acara tersebut. Dalam event ini juga dipentaskan wayang kulit semalam suntuk.

1 komentar:

Nuansa mengatakan...

emange nang desamu wonten sedekah bumi pow mz ????

Poskan Komentar